dan gw dapet kabar tentang hal-hal apa yang bakal ditanyain pas interview. tapi, gw gak jamin bener-bener ditanya atau engga yah sama kakaknya.
let's check this out!
1. 10 kekurangan dan kelebihan lo.
gw bingung nich kalo yang ini. kalau perkara nulis kekurang kita apa sih gampang. banyak malah. secara manusia tempatnya berbuat salah. tapi kalau kelebihan ini yang susah. bukan berarti gw gak punya kelebihan loh. karena gw percaya, allah menciptakan setiap umatnya (khususnya manusia) dengan kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. tapi, yang gw takutin, takutnya pas gw nulis semua kelebihan-kelebihan gw itu, kakaknya bakal bilang gini "ihh, kamu pede banget sih" atau "ihh kamu lebay banget sih" atau yang lebih parah "yaampun ngaca dong".
2. satu contoh pedoman/pemimpin dihidupmu.
disoal ini yang bikin bingung bukan masalah soalnya, tapi gimana jawabnya. seinget gw sih akhir-akhir ini gw lagi ngebet kesemsem sama yang namanya DAVID VILLA. tapi ga mungkin kan gw tulis namanya. secara pertanyaan nya itu sebutkan satu contoh pedoman hidup. dan gw rasa gw terlalu engga waras kalau gw nulis nama dia sebagai pedoman hidup. kecuali kalau gw bercita-cita bakal jadi pemain bola terhebat suatu saat nanti. dan hanya ada satu kata- never.
3. arti osis dan mpk.
nah kalau ini gw paham deh gimana jawab nya. ini jawaban yang mungkin bisa kalian hafalin sebelum interview tiba.
Organisasi Siswa Intra Sekolah (disingkat OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah.
Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.
Latar belakang berdirinya OSIS
Tujuan nasional Indonesia, seperti yang tercantum pada Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, adalah melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dan secara operasional diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
MPK
MPK memiliki fungsi, tugas, wewenang, hak dan kewajiban yang sangat berbeda dengan OSIS. MPK akan ditekankan pada urusan legislasi dan aspirasi dengan berbasis lembaga legislatif
Sumber : http://ospk2011.blogspot.com/p/ospk-31.html
nah ini ada contoh lain dari sumber yang berbeda
1. Pengertian OSIS, meliputi :
1. Secara Semantis
Di dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992 disebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS.
Kepanjangan OSIS adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah. Masing - masing kata mempunyai pengertian:
• Organisasi
Secara umum adalah kelompok kerjasama antara pribadi yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi dalam hal ini dimaksudkan sebagai satuan atau kelompok kerjasama para siswa yang dibentuk dalam usaha mencapai tujuan bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan kesiswaan.
• Siswa, adalah peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah.
• Intra, berarti terletak didalam dan diantara. Sehingga suatu organisasi siswa yang ada didalam dan dilingkungan sekolah yang bersangkutan.
• Sekolah adalah satuan pendidikan tempat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, yang dalam hal ini Sekola Dasar dan Sekolah Menengah atau Sekolah/Madrasah yang sederajat.
2. Secara Organis
OSIS adalah satu - satunya wadah organisasi siswa yang sah si sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian/ alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.
• Secara Fungsional
Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan, arti yang terkandung lebih jauh dalam pengertian OSIS adalah sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, disamping ketiga jalur yang lain yaitu; latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, dan wawasan wiyatamandala.
• Secara Sistemik
Apabila OSIS diapandang suatu sistem, berarti OSIS sebagai tepat kehidupan berkelompok siswa yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai suatu system, di mana sekumpulan para siswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang mampu mencapai tujuan.
Oleh karena OSIS sebagai suatu sistem ditandai beberapa ciri pokok itu yaitu :
• berorientasi pada tujuan,
• memiliki susunan kehidupan kelompok,
• memiliki sejumlah peranan,
• terkoordinasi,
• berkelanjutan dalam waktu tertentu.
4. pengertian kepemimpinan
- Kepemimpinan adalah suatu proses yang memberi arti (penuh arti kepemimpinan) pada kerjasama dan dihasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan (By : Jacobs & Jacques, 1990).
- Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama (By : Rauch & Behling, 1984).
- Kepemimpinan adalah sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (By : Shared Goal, Hemhiel & Coons, 1957).
- Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu (By :Tannebaum, Weschler and Nassarik, 1961).
Sumber : http://revolsirait.com/pengertian-kepemimpinan
, fungsi OSIS adalah :
1 . Sebagai Wadah.
Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan satu - satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya tujuan pembinaan kesiswaan.
Oleh sebab itu OSIS dalam mewujudkan fungsinya sebagai wadah dan wahana harus selalu bersama - sama dengan jalur yang lain, yaitu latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler dan wawasan wiyata mandala. Tanpa saling bekerjasama dari bebagai jalur, peranan OSIS sebagai wadah tidak akan berfungsi.
• Sebagai Motivator.
Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.
OSIS akan tampil sebagai penggerak apabila para pembina, pengurus mampu membawa OSIS selalu dapat menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan yang diharapkan, yaitu; menghadapi perubahan, memiliki daya tangkal terhadap ancaman, dan memanfaatkan peluang dan perubahan, dan yang penting memberikan kepuasan kepada anggota.
Dengan bahasa manajemen OSIS mampu memainkan fungsi inteleknya, yaitu kemampuan para pembina, pengurus dalam mempertahankan, meningkatkan keberadaan OSIS baik secara internal maupaun eksternal. Apabila OSIS dapat berfungsi demikian sekaligus OSIS berhasil menampilkan peranannya sebagai motivator.
• Sebagai Preventif
Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal, OSIS dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu mengadaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara preventif OSIS ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar. Fungsi preventif OSIS akan terwujud apabila fungsi OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan.
Melalui fungsi OSIS tersebut dapat ditarik beberapa manfaat sebagai berikut:
• Meningkatkan nilai – nilai ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
• Mengingkatkan kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air.
• Meningkatkan keperibadian dan budi pekerti luhur.
• Meningkatkan kemampuan berorganisasi, pendidikan politik, dan kepemimpinan.
• Meningkatkan keterempilan, kemandirian, dan percaya diri.
• Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani..
• Menghargai dan mewujudkan nilai – nilai seni, meningkatkan dan mengembangkan kreasi seni.
Sumber : http://smkrekayasa.sch.id/index.php?option=com_content&task=view&id=51&Itemid=87
MPK
MPK memiliki fungsi, tugas, wewenang, hak dan kewajiban yang sangat berbeda dengan OSIS. MPK akan ditekankan pada urusan legislasi dan aspirasi dengan berbasis lembaga legislatif
6. Susunan organisasi Osis Mpk
OSPK 31
What are the existing positions in OSIS MPK
OSIS
BPH
Ketua
Wakil Ketua I
Wakil Ketua II
Sekertaris Umum
Sekertaris I
Bendahara Umum
Bendahara I
Kabid I Imtaq
Sie.Rohis
Sie.Rohkris
Sie.Rohkat
Kabid II Sosial
Sie. PMR
Sie. Baksos
Kabid III Bela Negara
Sie. Grapala
Sie. Paskibra
Sie. Pramuka
Sie. Tapak Suci
Sie. Merpati Putih
Sie. American Football
Sie. Taekwondo
Sie.Karate
Kabid IV Iptek
Sie. KIR
Sie. Exit
Kabid V Sosial Politik
Sie. Mading
Kabid VI Kewirausahaan
Sie.Keputrian
Sie.Arsip
Kabid VII Jasmani
Sie. Basket
Sie. Volley
Sie. Futsal
Sie. Badminton
Kabid VIII Seni & Budaya
Sie. Cheers
Sie. Dance
Sie. Vogue
Sie. Drastis
Sie. Deutsch Club
Sie O Club
Humas OSIS
MPK ( Majelis Perwakilan Kelas)
Dewan MPK
Ketua
Wakil Ketua
Sekertaris
Bendahara
Kabid
Kabid 1
Kabid 2
Kabid 3
Kabid 4
Kabid 5
Kabid 6
Kabid 7
Kabid 8
Humas MPK
...........
semoga tulisan ini dapat membantu untuk memudahkan kalian untuk mengikuti LADAKOM, 25-26 september nanti yaa. good luck. dan semoga keterima. amin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar